Minggu, 31 Maret 2019

MAGNET

PowerPoint Interaktif MAGNET ini berisi mengenai materi-materi tentang magnet disertai dengan soal-soal interaktif. Dengan adanya PowerPoint Interaktif MAGNET diharapkan akan mampu memudahkan dalam mempelajari materi Magnet secara menyenangkan.


MAGNET

Pengertian Magnet
Magnet adalah benda yang mampu menarik benda–benda tertentu di sekitarnya. Kemagnetan adalah kemampuan benda tersebut untuk menarik benda-benda tertentu di sekitarnya. Kekuatan tarik-menarik benda-benda tertentu disebut dengan gaya magnet

Sifat-sifat Magnet
  • Magnet hanya dapat menarik benda – benda tertentu
  • Gaya Magnet dapat menembus benda
  • Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan
  • Gaya magnet paling kuat terletak di kutub-kutub magnet
  • Bila kutub sejenis  didekatkan  maka akan saling tolak menolak. Bila kutub yang berbeda didekatkan maka akan saling tarik menarik

Jenis-jenis Magnet 
Secara garis besar, terdapat 2 jenis magnet, yaitu:
  1. Magnet Alam. Magnet Alam adalah magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami, artinya tanpa ada campur tangan manusia. Contohnya adalah Gunung Ida di Magnesia yang mampu menarik benda – benda disekitarnya.
  2. Magnet Buatan. Magnet Buatan adalah magnet yang dibuat manusia dari bahan-bahan magnetik kuat seperti besi dan baja. Magnet buatan terbagi lagi menjadi 2, yaitu magnet tetap (Permanen) dan Magnet Sementara. Magnet tetap merupakan magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatannya sudah dihentikan. Magnet sementara merupakan magnet yang sifat kemagnetannya hanya sementara, yaitu hanya terjadi selama proses pembuatannya.
Kemagnetan Benda
Berdasarkan kemagnetannya benda dapat digolongkan menjadi 2, yaitu:
Benda Magnetik (Feromagnetik). Feromagnetik adalah benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Contoh benda ini adalah besi, baja, nikel, dll.
Benda Non – Magnetik. Benda non magnetik terbagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu Paramagnetik, benda yang dapat ditarik dengan lemah oleh magnet kuat, contohnya alumunium, tembaga, platina, dll; dan Diamagnetik, yaitu benda menolak magnet, artinya benda ini tidak dapat ditarik oleh magnet, contohnya emas, seng, merkuri, dll.

Bentuk-bentuk Magnet
Secara umum terdapat 5 bentuk tetap magnet, yaitu magnet batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet cincin, magnet U (magnet ladam). 

Cara Membuat Magnet
Induksi. Cara membuat magnet dengan cara induksi yaitu dengan cara menembpelkan benda-benda yang terbuat dari logam (besi atau baja) dengan magnet.
Menggosok. Batang besi atau baja yang digosok-gosokan pada magnet akan menyebabkan batang besi dan baja mempunyai sifat kemagnetan.
Elektromagnetik. Magnet dibuat dengan cara dialiri arus listrik. Magnet yang dibuat dengan cara elektromagnetik hanya bersifat sementara. Sifat magnet akan hilang jika arus listrik diputus.





Download PowerPoint Magnet di sini





1 komentar: